Sunday 13 January 2013

UJI ANALISIS KUALITATIF KARBOHIDRAT

UJI ANALISIS KUALITATIF KARBOHIDRAT

LAPORAN PRAKTEK BIOKIMIA :

UJI ANALISIS KUALITATIF KARBOHIDRAT :
1.     UJI IODIN
2.     UJI BENEDICT


NAMA – NAMA ANGGOTA KELOMPOK I :
1.     DIAN PUJI LESTARI ( 08 )
2.     ENDEN ISMATULOH  ( 09 )
3.     LEMON DUYALA (13)
4.     RANI PURNAMASARI ( 17 )
5.     SALMAN EFENDI SIREGAR ( 21 )
6.     YUSRI MUZAYANAH ( 25 )











VEDCA CIANJUR
PROGRAM DIPLOMA D4
JURUSAN TEKNIK PRODUKSI TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA

MATA KULIAH  : BIOKIMIA
DOSEN                : Dr.Ir. Sahirman .mp

BAB I
PENDAHULUAN
I.                   DASAR TEORI
Untuk melakukan aktivitas kita memerlukan energi. Energi yang diperlukan ini kita peroleh dari bahan makanan yang kita makan. Pada umumnya bahan makanan itu mengandung tiga kelompok utama senyawa kimia, yaitu karbohidrat, protein dan lemak atau lipid. Bahan makanan tersebut berasal dari tumbuhan dan senyawa yang terkandung di dalamnya sebagian besar adalah karbohidrat, yang terdapat sebagai amilum atau pati. Karbohidrat ini tidak hanya terdapat sebagai pati saja, tetapi terdapat pula sebagai gula misalnya dalam buah-buahan, dalam madu lebah dan lain-lainnya. Protein dan lemak relatif tidak begitu banyak terdapat dalam makanan kita bila dibandingkan dengan karbohidrat.
Protein dan lemak berperan juga sebagai sumber energi bagi tubuh kita, tetapi karena sebagian besar makanan terdiri atas karbohidrat, maka karbohidratlah yang terutama merupakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat berasal dari makanan, dalam tubuh mengalami perubahan atau metabolisme. Hasil metabolisme karbohidrat antara lain glukosa yang terdapat dalam darah, sedangkan glikogen adalah karbohidrat yang disintesis dalam hati dan digunakan oleh sel-sel pada jaringan otot sebagai sumber energi. Jadi ada bermacam-macam senyawa yang termasuk dalam golongan karbohidrat ini. Dari contoh-contoh tadi kita mengetahui bahwa amilum atau pati, selulosa, glikogen, gula atau sukrosa dan glukosa merupakan beberapa senyawa karbohidrat yang penting dalam kehidupan manusia. (Poedjiadi, Anna : 1994).
Karbohidrat merupakan senyawa karbon yang banyak dijumpai di alam, terutama sebagai penyusun utama jaringan tumbuh-tumbuhan. Nama lain dari karbohidrat adalah sakarida (berasal dari bahasa latin saccharum = gula). Senyawa karbohidrat adalah polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton yang mengandung unsur-unsur karbon (C))., hidrogen (H), dan oksigen (O) dengan rumus empiris total (CH2O)n.. Karbohidrat paling sederhana adalah monosakarida, diantaranya glukosa yang mempunyai rumus molekul C6H12O6.
(http://pusat-akademik.blogspot.com/2008/09/karbohidrat-biokimia.html)
Karbohidrat berfungsi sebagai penyedia energi yang utama. Molekul karbohidrat terdiri atas atom-atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Jumlah atom hidrogen dan oksigen merupakan perbandingan 2:1 seperti pada molekul air. Walaupun pada kenyataannya senyawa karbohidrat tidak mengandung molekul air, kata karbohidrat tetap digunakan. Senyawa karbohidrat tidak hanya ditinjau dari rumus empirisnya saja, tetapi yang penting ialah rumus strukturnya. (McGilvery & Goldstein : 1996).
Berbagai senyawa yang termasuk kelompok karbohidrat mempunyai molekul yang berbeda-beda ukurannya, yaitu dari senyawa sederhana yang mempunyai berat molekul 90 hingga senyawa yang mempunyai berat molekul 500.000 bahkan lebih. Berbagai senyawa itu dibagi dalam 3 golongan, yaitu golongan monosakarida, oligosakarida, dan polisakarida.
1. Monosakarida
Monosakarida ialah karbohidrat yang sederhana, dalam arti molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom karbon saja dan tidak dapat di uraikan dengan cara hidrolisis dalam kondisi lunak menjadi karbohidrat lain. Monosakarida paling sederhana ialah gliseraldehida dan dihidroksiaseton.
Gliseraldehida dapat disebut aldotriosa karena terdiri atas tiga atom karbon dan mempunyai gugus aldehida. Dihidroksiaseton dinamakan ketotriosa karena terdiri atas tiga atom karbon dan mempunyai gugus keton. Monosakarida yang terdiri atas empat atom karbon disebut tetrosa dengan rumus C4H8O4. Eritrosa adalah contoh aldetrosa dan eritrulosa adalah suatu ketotetrosa. Pentose adalah monosakarida yang mempunyai lima atom karbon. (Poedjiadi, Anna : 1994).
Monosakarida yang penting lainnya ialah : glukosa, fruktosa, galaktosa, pentosa.
Glukosa adalah suatu aldoheksosa dan sering disebut dekstrosa karena mempunyai sifat dapat memutar cahaya terpolarisasi kearah kanan. Glukosa dihasilkan dalam reaksi antara karbondioksida dalam air disebut fotosintesis dan glukosa yang terbentuk terus digunakan untuk pembentukan amilum atau selulosa.
Fruktosa adalah suatu ketohektosa yang mempunyai sifat memutar cahaya terpolarisasi ke kiri dan karenanya disebut juga levulosa. Pada umumnya monosakarida dan disakarida mempunyai rasa manis. Fruktosa mempunyai rasa lebih manis dari pada glukosa dengan pereaksi selianoff, yaitu larutan resorsinol (1,3 dihidroksi-benzena) dalam asam HCl.
Galaktosa. Monosakarida ini jarang terdapat bebas di alam. Umumnya berikatan dengan glukosa dalam bentuk laktosa, yaitu gula yang terdapat dalam susu. Balaktosa mempunyai rasa kurang manis dari pada glukosa dan kurang larut dalam air.
Beberapa pentosa yang penting di antaranya ialah arobinosa, xilosa, ribose dan 2-deoksiribosa
2. Oligosakarida
Ialah karbohidrat yang tersusun dari dua sampai sepuluh satuan monosakarida. Oligosakarida yang umum dalah disakarida, yang terdiri atas dua satuan monosakarida dan dapat dihidrolisis menjadi monosakarida. Contoh: sukrosa, maltosa dan laktosa.
Sukrosa Ialah ialah gula yang kita kjenal sehari-hari baik yang berasal dari tebu maupun yang berasal dari bity. Maltosa. Adalah dua disakarida yang terbentuk dari dua molekul glukosa
3. Polisakarida
Ialah karbohidrat yang tersusun lebih dari sepuluh satuan monosakarida dan dapat berantai lurus dan bercabang. Contohnya amilum, glikogen, dekstrin, dan sellulosa.
(http://pusat-akademik.blogspot.com/2008/09/karbohidrat-biokimia.html).

Beberapa sifat kimia
Berbeda dengan sifat fisika, yang telah diuraikan, yaitu aktivitas optik, sifat kimia karbohidrat berhubungan erat dengan gugus fungsi yang terdapat pada molekulnya, yaitu gugus –OH, gugus aldehida dan gugus keton.
1. Sifat mereduksi
2. Pereaksi fehling
3. Pereaksi benedict
4. Pereaksi barfoed
5. Pembentukan furfural
6. Pembentukan osazon
7. Pembentukan ester
8. Isomerisasi
9. Pembentukan glikosida (Poedjiadi, Anna : 1994).
II.                 TUJUAN

1.      Agar mengetahui ada atau tidaknya monosakarida.
2.      Mengetahui ada tidaknya amilosa,amilopektin, dan oligosakarida dari bahan tanaman.



III.               METODE PRAKTIKUM

A. Alat yang digunakan dalam praktikum ini:
Alat
:
1
Pisau
2
Alu dan lumpang / porta  
3
Pipet
4
Tabung reaksi 9 buah
5 Gelas beker
6 Kompor listrik.

Preparat / sediaan / model yang diamati:
1 Kentang, timun, wortel, sawi, jeruk,jagung,mangga,labu dan daun bawang
2 Iodium dan lugol
3 Tabung reaksi
4 Larutan benedict

Cara kerja
:

1. Tes iodium

2. Tes benedict


BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.     HASIL REAKSI KIMIA
UJI I
UJI IODIN
NO
BAHAN
WARNA AWAL
PERUBAHANNYA
KET
1
Kentang
Kuning
Biru violet
Amilosa ++++
2
Wortel
Kuning
Tidak berubah
-
3
Timun
Putih
Merah bata
Amilopektia +
4
Sawi
Putih
Tidak berubah
-
5
Jeruk
Orange
Biru violet
Amilosa +
6
Jangung
Kuning
Biru violet
Amilosa ++++
7
Mangga
Kuning
Biru violet
Amilosa +
8
Daun Bawang
Putih
Tidak berubah
-
9
Labu
Putih
Merah bata
Amilopektia +

UJI II
UJI BENEDICT
NO
BAHAN
WARNA AWAL
KET. PENGENDAPAN
1
Kentang
Kuning
Hijau
2
Wortel
Orange kecoklatan
-
3
Timun
Cokelat
Merah Bata
4
Sawi
Hijau
-
5
Jeruk
Coklat
Merah Bata
6
Jagung
Kuning
Kuning
7
Mangga
Coklat
Merah Bata
8
Daun bawang
Hijau
-
9
Labu
Kuning
-

B.     PEMBAHASAN / ISI
C.     DISKUSI
1.      Bahan – bahan pertanian apa yang mengandung Amilosa dan amilopektin,
Sebutkan min. 15???
Jawab :
1.      Kentang
2.      Wortel
3.      Jeruk matang
4.      Mangga matang
5.      Jagung matang
6.      Labu
7.      Gandum
8.      Padi
9.      Sagu
10.  Talas
11.  Ubi jalar
12.   
13.   
14.   
15.   
2.      Bahan pertanian apa yang mengandung Monosakarida dan gulapreduksi,
Sebutkan min 15???
Jawab :
1.      Mangga manis
2.      Jeruk manis
3.      Jagung manis
4.      Wortel
5.      Pisang Mateng
6.      Sawo mateng
7.      Kesemek mateng
8.      Pepaya mateng
9.      Durian mateng
10.  Nangka mateng
11.   
12.   
13.   
14.   
15.   
3.      Jelaskan mengapa Uji iodiun dan benetic adalah penting???
Jawab :





1.      ISI

HASIL PENGAMATAN
1. Tes iodium
No. Bahan makanan Jumlah tetesan iodium Warna yang dihasilkan
1 Kentang 1 tetes,Biru violet
2 Timun 1 tetes,Tidak berubah
3 Wortel 1 tetes,Merah
anggur
4 Sawi 1 tetes,Tidak berubah
5 Jeruk mateng 1 tetes,Biru violet
6 Jagung manis 1 tetes,Biru violet
7 Mangga 1 tetes,Biru violet
8 Labu 1 tetes,Merah
anggur
9 Daun bawang 1 tetes,Tidak berubah
.

Kesimpulan:
Yang mendasari percobaan uji iodium adalah penmabahan iodium pada suatu polisakarida akan menyababkan terbentuknya kompleks adsorpsi berwarna spesifik. Amilum atau pati dengan iodium mengahailkan warna biru, dekstrin menghasilkan warna merah anggur, glikogen dan sebagian pati yang terhidrolisis bereaksi dengn iodium membantuk warna
merah coklat.
Uji atau tes ini digunakan untuk memisahkan amilum atau pati yang terkandung dalam larutan tersebut. Reaksi positifnya ditandai dengan adanya perubahan warna menjadi biru. Warna biru yang dihasilkan diperkirakan adalah hasil dari ikatan kompleks antara amilum dengan iodin. Sewaktu amilum yang telah ditetesi iodin kemudian dipanaskan, warna yang dihasilkan sebagai hasil dari reaksi yang positif akan menghilang.
Dan sewaktu didinginkan warna biru akan muncul kembali. Di dalam amilum sendiri terdiri dari dua macam amilum yaitu amilosa yang tidak larut dalam air dingin dan amilopektin yang larut dalam air dingin. Ketika amilum dilarutkan dalam air, amilosa akan membentuk micelles yaitu molekul-molekul yang bergerombol dan tidak kasat mata karena hanya pada tingkat molekuler.
Micelles ini dapat mengikat I2 yang terkandung dalam reagen iodium dan memberikan warna biru khas pada larutan yang diuji. Pada saat pemanasan, molekul-molekul akan saling menjauh sehingga micellespun tidak lagi terbentuk sehingga tidak bisa lagi mengikat I2. Akibatnya warna biru khas yang ditimbulkan menjadi menghilang.
Micelles akan terbentuk kembali pada saat didinginkan dan warna biru khaspun kembali muncul. Warna biru khas yang ditimbulkan sebagai hasil dari reaksi positif, juga akan hilang jika larutan yang telah positif dalam pengujian iod ditambah dengan NaOH. Ion Na+ yang bersifat alkalis akan mengikat iodium sehingga warna biru khas akan memudar dan hilang.
Pada uji Iodium, pada masing-masing zat uji memiliki indikasi yang berbeda-beda. dari sepuluh zat uji, Amilum, Glikogen, dan Dekstrin positif polisakarida.

2. Tes benedict
No. Bahan makanan Jumlah tetesan Warna yang terjadi
1 Sari kentang ,1 tetes= kuning= endapan hijau
2 Sari timun, cokelat=1 tetes= endapan merah bata
3 Sari wortel,orange= 1 tetes=tidak ada endapan
4 Sari Sawi,hijau=1 tetes= tidak ada endapan
5 Sari labu,kuning=1 tetes= tidak ada endapan
6 Sari jeruk,coklat= 1 tetes=endapan merah bata
7 Sari mangga,coklat=1 tetes=endapan merah bata
8 Sari jagung,kuning=1 tetes=endapan kuning
9 Sari daun bawang,hijau=1 tetes=tidak ada

Kesimpulan:
Uji benedict merupakan uji umum untuk karbohidrat yang memiliki gugus aldehid atau keton bebas, seperti yang terdapat pada laktosa dan maltosa. Uji benedict berdasarkan reduksi Cu2+ menjadi Cu+ oleh gugus aldehid atau keton bebas dalam suasana alkalis, biasanya ditambahkan zat pengompleks seperti sitrat atau tatrat untuk mencegah terjadinya pengendapan CuCO3. uji positif ditandai dengan terbentuknya larutan hijau, merah, orange atau merah bata serta adanya endapan.
Uji benedict bertujuan untuk mengetahui adanya gula pereduksi dalam suatu larutan dengan indikator yaitu adanya perubahan warna khususnya menjadi merah bata. Benedict Reagen digunakan untuk menguji atau memeriksa kehadiran gula pereduksi dalam suatu cairan.
Monosakarida yang bersifat redutor, dengan diteteskannya Reagen akan menimbulkan endapan merah bata. Selain menguji adanya gula pereduksi, juga berlaku secara kuantitatif, karena semakin banyak gula dalam larutan maka semakin gelap warna endapan.
Pada uji benedict, teori yang mendarsarinya adalah gula yang mengandung gugus aldehida atau keton bebas akan mereduksi ion Cu2+ dalam suasana alkalis, menjadi Cu+, yang mengendap sebagai Cu2O (kupro oksida) berwarna merah bata.
Sedangkan teori yang mendasari hidrolisis pati dan sukrosa adalah, pati (starch) tau amilum merupakan polisakarida yang terdapat pada sebagian besar tanaman, terbagi menjadi dua fraksi yaitu amilosa dan amilopektin. Amilosa (+- 20 %) memilki strusktur linier dan dengan iodium memberikan warna biru serta larut dalam air. Fraksi yang tidak larut disebut amilopektin (+- 80 %) dengan struktur bercabang. Dengan penambahan iodium fraksi memberikan warna ungu sampai merah. Patai dalam suasana asam bila dipanaskan akan terhidrolisis menjdi senyawa-senyawa yang lebih sedrhana. Hasil hidrolisis dapat dengan iodium dan menghaislkan warna biru samapi tidak berwarna. Hasil akhir hidrolisis dapat ditegaskan dengan uji Benedict.
Sukrosa oleh HCl dalam keadaan panas akan terhirolisis, lalu menghasilkan glukosan dan fruktosa. Hal ini menyebabkan uji Benedict dan uji Seliwanoff yang sebelum hidrolisis memberikan hasil negatif menjadi positif.
Pada uji Benedict, indikator terkandungnya Gula Reduksi adalah dengan terbentuknya endapan berwarna merah bata. hal teresebut dikarenakan terbentuknya hasil reaksi berupa Cu2O.
Benedict Reagen digunakan untuk mentes atau memeriksa kehadiran gula monosakarida dalam suatu cairan. Monosakarida bersifat redutor, dengan diteteskannya Reagen akan menimbulkan endapan merah bata. Selain menguji kualitas, secara kasar juga berlaku secara kuantitatif, karena semakin banyak gula dalam larutan maka semakin gelap warna endapan.



IV. DAFTAR PUSTAKA
1. Poedjiadi, Anna. 1994. Dasar-dasar Biokimia. Jakarta: UI Pers.
2. http://pusat-akademik.blogspot.com/2008/09/karbohidrat-biokimia.html
http://pusat-akademik.blogspot.com/2008/09/karbohidrat-biokimia.html

0 comments:

Post a Comment

 

About Me

Followers

Copyright © 2010 NailulmunaFarm (Usaha Santri)

Template By Nano Yulianto