Thursday 22 November 2012

COLEUS

Coleus (Solenostemon) merupakan tanaman hias yang mempunyai daun yang warna dan bentuknya beraneka macam. Coleus berasal dari Afrika tropis yang menyebar ke Asia, Australia,
  
  Kepulauan Melayu, dan Filipina. Di Mekarsari tanamannya dapat dijumpai di area pembibitan dan Lab. Biosari, tanamannya ditanam sebagai tanaman hias dalam pot, atau sebagai penghias taman yang mempunyai daun yang warna dan bentuknya beraneka macam. Coleus berasal dari Afrika tropis yang menyebar ke Asia, Australia, Kepulauan Melayu, dan Filipina. Di Mekarsari tanamannya dapat dijumpai di area pembibitan dan Lab. Biosari, tanamannya ditanam sebagai tanaman hias dalam pot, atau sebagai penghias taman.  
 
   http://www.mekarsari.com/images/Tanaman/Tan_Hias/Coleus.jpgColeus dapat tumbuh dengan baik pada berbagai tipe tanah mulai kering sampai lembab, udara hangat, suhu minimal 50 F, cahaya cukup, dan jaga kondisi media tetap lembab . Tinggi tanaman 0,5 - 1 m, bahkan pertumbuhannya ada yang mencapai setinggi 2 meter. Tanaman ini mempunyai tipe pertumbuhan yang cepat sehingga untuk menghasilkan tanaman perdu, perlu dilakukan pemangkasan secara teratur. Tanaman ini bila terlalu tinggi batangnya mudah sekali patah dan bentuknya kurang bagus. Tanaman nya dapat dikembangbiakkan dengan biji atau pun dengan stek batang.
 
Coleus koleksi Mekarsari seperti Coleus Blumei, tinggi tanaman 0,5 – 1 m kaki mempunyai berbagai varietas. Varietas Sabre mempunyai bentuk pohon kerdil, The Chief, daun berkerut, Fire Bird tepi daun berjumbai, Butterfly mempunyai tepi daun berombak. Coleus daunnya tidak mempunyai warna dasar, daun rata-rata terdiri dari berbagai campuran warna, meskipun ada juga yang memiliki warna tunggal seperti Golden Bedder(kuning). Sedangkan yang memiliki warna campuran misalnya Scarlet Poncho, Milky Way, dan Fashion Parade.

0 comments:

Post a Comment

 

About Me

Followers

Copyright © 2010 NailulmunaFarm (Usaha Santri)

Template By Nano Yulianto